Fenomena Fakta Sejarah Melalui Karya Sastra: Faktor Keruntuhan Andalusia Menurut Perspektif Ar-Rundi

  • Ade Hafis UIN AR-RANIRY
  • Anshar Zulhelmi UIN Ar Raniry Banda Aceh
  • Sumardi Sumardi UIN Ar Raniry Banda Aceh
  • Rahil Maghfirah UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Karya Sastra, Andalusia, Ar-Rundi, Nuniyyatu Ar-Rundi

Abstract

Karya sastra merupakan hasil dari imajinasi seorang sastrawan yang diungkapkan melalui media bahasa. Karya sastra bersumber dari fenomena yang dilihat oleh sastrawan dalam lingkungan masyarakatnya, karya sastra menjadi bukti tentang kehidupan sebuah masyarakat. Pada tahun 1492 M kerajaan islam, Andalusia mengalami kekalahan dari pasukan raja Ferdinand dan ratu Isabella. Peristiwa itu diceritakan oleh para sejarawan dan sastrawan terkemuka. Seorang sastrawan Andalusia, Abu Al-Baqa’ Ar-Rundi menceritakan tentang fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Andalusia yang kemudian menjadi faktor keruntuhan negara yang sudah berkuasa selama delapan abad itu di dalam syairnya. Penilitian ini bertujuan mengungkapkan penyebab kekalahan dan keruntuhan Andalusia menurut sudut pandang Ar-Rundi yang diungkapkannya melalui Nuniyyatu Ar-Rundi. Peneliti menggunakan metode historis dengan pendekatan kritik sastra, dimana peneliti berusaha mengungkapkan sejarah faktor keruntuhan Andalusia dengan menginterpretasikan bait-bait syair dalam qashidah Nuniyyah Ar-Rundi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor-faktor keruntuhan Andalusia menurut perspektif Ar-Rundi adalah 1) Terlelap dalam kemegahan, 2) Meninggalkan jihad, 3) Disintegrasi umat islam.

References

Thalib, Muh. Dahlan. (2018). Kemunduran dan Hapusnya Islam di Andalusia Spanyol. Jurnal Al-Ibrah, Vol. VII, No. 02, Hal 155-159.
Susanti, Listiawati. (2016). Mengupas Kejayaan Islam Spanyol dan Konstribusinya Terhadap Eropa. Jurnal Risalah, Vol. 27, No. 2, Hal 57-61.
Fauziah, Nur Dinah dan Zuana, Muhammad Mujtaba Mitra. (2016). Peradaban Islam di Andalusia (Spanyol). Jurnal Al-‘Adalah: Jurnal Syariah dan Hukum Islam, Vol. 1, No. 1, Maret, Hal 80-91.
Firdaus. (2009). Islam di Spanyol: Kemunduran dan Kehancuran. Jurnal el-Harakah, Vol. 11, No. 3, Hal 248-257.
Santosa, Puji. (2015). Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Yogyakarta: Azzagrafika.
HS, Apri Kartikasari dan Suprapto, Edy. (2018). Kajian Kesusastraan: Sebuah Pengantar. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Suarta, I Made dan Dwipayana, I Kadek Adhi. (2014). Teori Sastra, Jakarta: Rajawali Pers.
Mahayana, Maman S. (2015). Kitab Kritik Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

التلمساني، شهاب الدين أحمد بن محمد المقري. (1978). أزهار الرياض في أخبار عياض. الرباط: صندوق أحياء التراث الإسلامي. الطبعة الثانية.
الحميري، محمد بن عبد المنعم. (1974). تحقيق: إحسان عباس. بيروت: مكتبة لبنان.
الداية، محمّد رضوان. (1986). أبو البقاء الرندي شاعر رثاء الأندلس. بيروت: مكتبة سعد الدين. الطبعة الثانية.
السرجاني ، راغب. (2011). قصة الأندلس من الفتح إلى السقوط. القاهرة: مؤسسة اقرأ. الطبعة الأولى.
أمين، أحمد. (2012). النقد الأدبي. القاهرة: هنداوي.
أرسلان، شكيب. (1983). خلاصة تاريخ الأندلس. بيروت: دار مكتبة الحياة.
ذو الحلم وغيره. (2023). الحزن في قصيدة رثاء الأندلس لأبي البقاء الرندي: دراسة نقدية بلاغية. JILSA: Jurnal Ilmu Lingustik & Sastra Arab Vol. 7, No. 2, 132-151.
منظور، ابن. لسان العرب. تحقيق: عبد الله علي الكبير. قاهرة: دار المعارف. الطبعة الجديدة المحققة.
معجم المعاني الالكتروني.
سفيان، نور خالص. (2018). الحقائق الاجتماعية في رواية الأرواح المتمردة. Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 8 No. 1, 185-205.
سلسة تعليم اللغة العربية المستوى الرابع: الأدب. (2004). الرياض: جامعة الإمام محمد بن سعود الإسلامية.
Published
2024-07-05
Section
Articles