ARABIC TONGUE TWISTERS : GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI PEMBELAJAR PEMULA

  • Khoirul Huda IAIN METRO
  • Khoirurrijal IAIN Metro

Abstract

Permainan Bahasa merupakan bentuk inovasi pembelajaran dalam mengajarkan bahasa asing khususnya bahasa Arab bagi pembelajar pemula. Dengan adanya permainan bahasa akan menjadikan proses pembelajaran bahasa menjadi menyenangkan sehingga pembelajar akan mudah meningkatkan kemampuan berbahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses penunjang pembelajaran Kemampuan Berbicara Bahasa Arab menggunakan media permainan atau game yang mengasyikkan dan menyenangkan.

Penelitian ini menjelaskan bahwa Arabic Tongue Twisters bisa menjadi salah satu jenis permainan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menirukan kalimat-kalimat yang memiliki kemiripan bunyi serta pelafalan kosa kata bahasa Arab yang akhirnya bisa menambah kelancaran dan pengucapan bahasa Arab. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode studi pustaka. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Arabic Tongue Twisters bisa diterapkan dengan mudah dan efektif untuk menunjang pembelajaran Kemampuan berbicara khususnya dalam pelafalan kosa kata yang memiliki kemiripan bunyi.

Game Arbic Tongue Twister ini sangatlah efektif dan mudah untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan permainan-permainan yang bisa diterapkan untuk menunjang kemampuan mendengar dan berbicara dalam bahasa Arab bagi para pengajar ataupun instruktur dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Language games are a form of learning innovation in teaching foreign languages, especially Arabic for beginner learners. With the language game will make the language learning process becomes fun so that learners will easily improve their language skills.

This study aims to explore the process of supporting learning the ability to speak Arabic using the media game or games that are exciting and fun.

This study explains that Arabic Tongue Twisters can be one type of game that can be applied to improve the ability to imitate sentences that have similar sounds and pronunciation of Arabic vocabulary which can ultimately increase the fluency and pronunciation of Arabic.

The research method uses descriptive qualitative approach through literature study method. The results of this study indicate that Arabic Tongue Twisters can be applied easily and effectively to support the learning of speaking skills, especially in the pronunciation of vocabulary that has a similar sound.

Arbic Tongue Twister Game is very effective and easy to implement in the learning process in the classroom and outside the classroom.

This study also contributes to the development of games that can be applied to support the ability to hear and speak in Arabic for teachers or instructors in Arabic learning.

Published
2024-07-07
Section
Articles