ARSITEKTUR ISLAM DALAM KONSTRUKSI MEDIA ONLINE KOMPAS: KAJIAN ARKEOLOGI

Sejarah Publik dan Arkeologi Publik

  • Benny Agusti Putra UIN Sulthan Thaha SaiFuddin Jambi
  • Dian Mursyidah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Irpan Jumaidi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Arsitektur Islam, Media Online, Arkeologi Publik

Abstract

Penelitian ini membuktikan bahwa kajian arkeologi yang bersifat publik, belum banyak di teliti, ini dibuktikam dengan ditemukannya tema-tema arkeologi Islam di media online. Tema-tema arkeologi Islam seperti masjid kuno yang merupakan tinggalan Islam, dan sudah banyak di temukan di Indonesia. Mesjid kuno dalam kajian arkeologi, dilihat dari arsitektur masjid kuno. Tujuan penelitian ini untuk melihat arsitektur Islam didalam media Kompas. Untuk membuktikan tulisan ini secara ilmiah dan holistik, digunakan logika kualitatif dengan metode kepustakaan dan dokumentasi intensif, dengan pendekatan deskriptif conten analisis. Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif conten analisis mencoba menjelaskan apa adanya berita online harus sampai ketahap eksplanasi. Karena itulah, dalam tulisan ini dibahas tentang data berita arsitektur Islam di media online Kompas dari tahun 2017 sampai 2023; tata ruang dan hias arsitektur Islam di dalam media online Kompas; fungsi dan makna arsitektur Islam dalam media online Kompas.

References

Azyumardi Azra. (1998). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Melacak Akar-Akar Pembaruan Pemikiran Islam di Indonesia, Bandung: Mizan.
_______________(2013). Jaringan UlamaTimur Tengah dan Nusantra Abas 17 & 18. Jakarta: Kencana.
Adrisijanti, (2000) Arkeologi Perkotaan Mataram Islam. Yogyakarta: Jendela
Akbar, A. (2022). Arkeologi Islam Nusantara: Kebudayaan Materi untuk Kehidupan Masa Kini dan Masa Nanti. Jurnal Islam Nusantara, Vol. III, No. I
Andri Restiyadi, 2009, Identitas Budaya, Kreativitas, dan Kajian Arkeologi Publik, Jurnal Berkala Arkeologi Sangkhakala 12(23)
Benny Agusti Putra. (2018). Islamisasi di Dunia Melayu Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora Volume 2, No. 1
Berelson, B. (1952). Content Analysis in Communication Research, New York: The Free Press
Bruinessen. Martin van. (2012). Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Yogyakarta: Gading
Dwindi Ramadhana & Atyanto Dharoko, (2018) Ruang Sakral Dan Profan Dalam Arsitektur Masjid Agung Demak, Jawa Tengah. Jurnal Inersia, Vol. Xiv No. 1
Dion Harun, Antariksa, & Abraham M. Ridjal. (2019). Pelestarian Arsitektur Bangunan Masjid Tuo Kayu Jao Sumatera Barat, Yogyakarta: Maha Karya Pustaka
Eko Budiharjo. (1997) Arsitek Berbicara Arsitek Indonesia. Bandung: Alumni.
Eko Budihardjo. (1983). Menuju Arsitektur Indonesia. Bandung: Alumni.
Esterica Yunianti. (2015) Estetika Unsur-Unsur Arsitektur Bangunan Masjid Agung Surakarta, Catharsis: Journal of Arts Education
Latifa Annum Dalimunthe. (2016). Kajian Proses Islamisasi Di Indonesia (Studi Pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat Volume 12, Nomor 1
Hasan Muarif Ambary. (1979). Menemukan Peradaban: Jejak Arkeologis Dan Historis Islam Indonesia.
Hasan Muarif Ambary. (1998). Menemukan Peradaban Arkeologi dan Islam di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.
Heri Hermanto & Usria Masfufah. (2023). Bentuk dan Makna Ornamen Lawang Kembar Masjid Menara Kudus. Jurnal Ilmiah Arsitektur, Vol. 13 No. 1
Holsti, O.R. (1968). Content Analysis. In G.Lindzey & E.Aronson (Eds.), The Handbook of Social Psychology (2nd ed.) (Pp.596-692). New Delhi: Amerind Publishing Co
Ilmanda Tegar Irianta Mahusfah, Muhammad Ainun Najib, & Sutriani. (2019). Identifikasi Wujud Akulturasi Budaya Terhadap Arsitektur Masjid Al-Hilal Tua Katangka. Jurnal Timpalaja Volume 1, Nomor 1
Itsnataini Rahmadillah, Ady Try Laksono. (2023). Semiotika Pada Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta Dalam Sejarah Seni Rupa Islam, Journal of Contemporary Indonesian Art Volume 9 No.1
Jamaluddin. (2019). Jejak-Jejak Arkeologi Islam di Lombok. Mataram: Sanabil
Koentjaraningrat. (1974). Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: PT. Dian

Krippendorff, K. (1980). Content Analysis: An Introduction to its Methodology. London: Sage
M.C. Ricklefs. (2008). Sejarah Indonesia Modern 1200-2008. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Muawanah Qurotul Aini. (1999) Arsitektur Masjid Rahmat di Kembang Kuning, Skripsi, IAIN Sunan Ampel Fakultas Adab, Surabaya

Mohamad Stanza, Studi Deskriptif Tentang Makna Simbol Pada Bangunan Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya.
Munfarida Bella Diyan. (2017). Makna Simbol Sejarah Peradaban Islam Dan Akulturasi Budaya Dalam Arsitektur Masjid Agung Demak, Skripsi : Fakultas Bahasa Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Muhammad Farhan Faturrahman. (2017) Tata Ruang dan Ornamen Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan Makam Sunan Gunung Jati Ditinjau dari Relasinya dengan Arsitektur Hindu-Majapahit, Cina, Jawa-Islam, dan Kolonial. Skripsi : Program Studi Arsitektur Fakulytas Teknik Universitas Katilik ParahyanganNur Syam. (2005). Islam Pesisir. Yogyakarta: LkiS
Moh Rosyid. (2018). Kawasan Kauman Menara Kudus Sebagai Cagar Budaya Islam: Catatan Terhadap Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kudus, Purbawidya: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Arkeologi
Muhammad Abdul Kharis. (2020). Islamisasi Jawa: Sayyid Ja’far Shadiq dan Menara Kudus Sebagai Media Dakwahnya. Jurnal Indo-Islamika, Volume 10, No. 2
Nazir. (2003) Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nasional Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.Nurkidam & Hasmiah Herawaty, 2019
Richard W. Budd. (1967) Content Analysis of Communication. New York : Micmilan Zein M Wiryoprawiro. (1986). Perkembangan arsitektur Masjid di Jawa Timur. Surabaya: Bina Ilmu.
Rahmayanis, Ahmad Akmal, & Riswel Zam. (2016). Estetika Ornamen Masjid Jami’ Air Tiris Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Vol. 3, No. 2
Syafwandi. (1985). Menara Masjid Kudus dalam Tinjuan Sejarah dan Arsitektur Jakarta: Bulan Bintang
Suhandy Siswoyo, Nuryanto, & Riskha Mardiana. (2019). Arsitektur Masjid Sunan Gunung Jati Cirebon sebagai Akulturasi Budaya Islam, Jawa, dan Cina. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia

Tim Penyusun. (1999). Metode Penelitian Arkeologi. Jakarta: Departemen Pendidikan
Uka Tjandrasasmita. (2009). Arkeologi Islam Nusantara. Jakarta: Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
Ulama Andika. (2017). Makna Bangunan Menara Masjid Agung Banten. Prosiding Seminar Heritage IPLBI
Wimmer, R.D., & Dominick, J.R. (1994) Mass Media Research: An Introduction (4th ed), California: Wadsworth
Wawan Hernawan, B. Busro, & Mudhofar Muffid. (2021). Suluk Pesisiran Dalam Arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, Indonesia. Purbawidya: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Arkeologi, Vol. 10 (1).
Yundi Fitrah dan Asyhadi Mufsi Sadzali. (2018). Arsitektur Mesjid Kuno Dataran Tinggi Jambi: Suatu Kajian Arkeologi Islam Dalam Upaya Melestarikan Kebudayaan Melayu Jambi, Jurnal Titian: Ilmu Humaniora Vol. 02, No. 02
Yulianto Sumalyo. (2000). Arsitektur Masjid Dan Monumen Sejarah Muslim. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
https://www.kompas.com/properti/read/2021/10/21/093543221/lebih-dekat-dengan-filosofi-tipologi-dan-sejarah-arsitektur-islam?page=allhttps://www.kompas.com/stori/read/2022/03/17/090000179/gaya-arsitektur-bangunan-masjid-di-indonesia?page=all.
(https://www.kompas.com/properti/read/2021/10/21/093543221/lebih-dekat-dengan-filosofi-tipologi-dan-sejarah-arsitektur-islam?page=allhttps://www.kompas.com/stori/read/2022/03/17/090000179/gaya-arsitektur-bangunan-masjid-di-indonesia?page=all )
http://kbbi.web.id/arsitektur
Published
2024-07-10
Section
Articles