PERANCANGAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI SISTEM TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN CLIP STUDIO PAINT

  • Fazlun Azmar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mursyidin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fathiah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: comic, art, Journal, Electric, Education

Abstract

Dalam mata kuliah Sistem Tenaga Listrik, mahasiswa mempelajari komponen listrik dengan fokus kegunaan dan kekurangannya. Penggunaan komik digital diharapkan memudahkan pemahaman, meningkatkan minat belajar, serta merangsang kreativitas berpikir efektif melalui gambar-gambar kompleks. Tujuan peneliti ini untuk membuat bagaimana membuat dan merancang komik digital pada materi sistem tenaga listrik menggunakan Clip Studio Paint dan pengaruh pelayakan media komik digital terhadap pemahaman konsep sistem tenaga listrik sebagai media belajar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip. Tahap pengembangan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi produk yang dinilai oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah komik digital pada materi sistem tenaga listrik. Hasil validasi komik digital dari ahli media sebesar 94,67% dan hasil validasi komik digital dari ahli materi sebesar 90,83% dan rerata diperoleh nilai sebesar 92,75% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media komik digital layak digunakan dalam proses pembelajaran.

References

[1] Cholik, Cecep Abdul. Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuninga. Hal: 39-46. 2021.
[2] Zakiyah, Zenzen, et al. Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis, Jurnal Basicedu. Hal: 8431-8440. 2022.
[3] Rizki, Hafiz. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada Materi Listrik Dinamis Jenjang SMP/MTs. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2023.
[4] Ningsih, Diyah Ayu Setia, and Happy Komikesari. "Kelayakan Media Pembelajaran Prezi Menggunakan Pendekatan Saintifik." Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. Hal. 204-209. 2019.
Published
2024-07-10
Section
Articles