ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENGOPTIMALKAN PENERIMAAN ZAKAT DI BAITUL MAL KABUPATEN ACEH BARAT
Abstract
Strategi penggalangan dana penting dilakukan untuk mengoptimalkan penerimaan zakat sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelaksanaan strategi penggalangan dana, hambatan dalam penggalangan dana zakat, dan dampak dari strategi penggalangan dana yang dilakukan di Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada sumber-sumber yang relevan. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa Baitul Mal melakukan dua strategi penggalangan dana: langsung dan tidak langsung. Penggalangan dana langsung dimaksud adalah sosialisasi langsung kepada masyarakat termasuk perusahaan/PT, toko/CV, instansi vertikal, perorangan, maupun kemitraan. Penggalangan dana tidak langsung yang dimaksud adalah promosi melalui media cetak dan elektronik, antara lain pemasangan baliho, penyebaran brosur, penulisan di surat kabar, penerbitan penyaluran zakat di saluran berita Aceh, seruan zakat di radio, khotbah keagamaan dan Jum'at di masjid-masjid, dan penyelenggaraan seminar. . Namun, strategi penggalangan dana tersebut belum berjalan dengan baik atau menunjukkan dampak positif karena beberapa kendala seperti kurangnya sumber daya manusia yang profesional, program yang kurang inovatif, kurangnya kesadaran masyarakat tentang zakat, dan anggota yang sering berubah. Akibatnya, jumlah penerimaan zakat di Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat tidak mengalami peningkatan.
Copyright (c) 2021 maya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.