PENYELESAIAN NUSYUZ SUAMI OLEH TUHA PEUT DI KABUPATEN NAGAN RAYA

  • Syukri Asnawi Pascasarjana UIN Ar-Raniry
  • Khairul Fahmi Pascasarjana UIN Ar-Raniry
  • Abdul Manan Manan Pascasarjana UIN Ar-Raniry
Keywords: Nusyuz Suami, Tuha Peut , Pola Penyelesaian.

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian penulis dengan menganalisa pola penyelesaian kasus nusyuz suami terhadap istri oleh tuha peut sebagai hakam di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya, dimana umumnya jika terjadi nusyuz suami kewajibannya ini diselesaikan secara adat melalui Tokoh adat gampong yang diutus sebagai hakam. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pola dan upaya penyelesaian kasus nusyuz suami terhadap istri oleh tuha peut sebagai hakam dan menganalisis efektifitas pola penyelesaian kasus nusyuz suami terhadap istri oleh tuha peut sebagai hakam. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa upaya penyelesaian nusyuz suami ini dengan cara mediasi yang di lakukan kantor geuchik ataupun dirumah suami istri tersebut, penyelesaian tersebut dilakukan melalui adat gampong setelah mendapatkan laporan dari pihak-pihak suami istri. Adapun pola penyelesaian kasus nusyuz suami terhadap istri ini memiliki beberapa tahapan yaitu (a)Tahapan pelaporan. (b) Penerimaan Laporan. (c) Tahapan Persidangan. (d) Tahapan pembacaan putusan dan pemberian sanksi. Sedangkan efektifitas pelaksanaan perdamaian yang di lakukan oleh tuha peut gampong sebagai hakam dalam mengatasi nusyuz suami di kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya sudah  efektif, namun ada beberapa faktor yang memang tidak bisa untuk diselesaikan oleh tokoh adat gampong sebagai hakam. Keberhasilan atau kegagalan hakam  berpengaruh dengan faktor yang mendukung terjadinya proses perdamaian

References

Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi, Al-Wajiz (terj. Ma’ruf Abdul Jalil) (Jakarta: Pustaka as-Sunnah, 2006)

Abdul AzisDahlan, Ensiklopedia Hukum Islam Jilid IV (Jakarta: PT.Ictiar Baru Van . Hoeve, 2006)

Hasil wawanacara dengan Bapak Azharuddin Kepala KUA Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya pada tanggal 09 Oktober 2023.

Hasil wawancara dengan Bapak Muzakir Hakim Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue pada tangga 16 Oktober 2023 di Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue.

Hasil wawancara dengan Imum Mesjid Tgk Nafi pada tanggal 12 Oktober2023 di Gampong Lhok Rameuan.

Hasil wawancara dengan Kechik Bapak Said Machuri pada tanggaal 16 Oktober 2023 di Gampong Blang Muling.

Hasil wawancara dengan Kechik Suak Bili Bapak Azhar pada tangga 16 Oktober 2023 di Gampong Suak Bili.

Hasil wawancara dengan Ketua Tuha Peut Bapak Saiful Rizal pada tanggal 13 Oktober 2023 di Gampong Blang Muling.

Hasil wawancara dengan Ketua Tuha Peut Bapak Tantawi pada tanggal 12 Oktober 2023 di Gampong Lhok Rameuan.

Hasil wawancara dengan Ketua Tuha Peut Bapak Alaidin Yusuf Pada tanggal 16 Oktober 2023, di Gampong Suak Bili.

Hasil wawancara dengan Keuchik Lhok Rameuan Bapak Syatari pada tanggal 12 Oktober 2023 di Gampong Lhok Rameuan.

Hasil wawancara dengan Tokoh Masyarakat Bapak Adi Burhandi Pada tanggal 12 Oktober 2023 di Gampong Lhok Rameuan.

Imam Firdaus, Pesta Adat Pernikahan Di Nusantara, (Jakarta: Multikreasi Satu Delapan, 2012)

Lailan Sururi, Dahlan Ali, Teuku Muttaqin Mansur, Penyelesaian Sengketa melalui Pradilan Gampong, Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 2, No. 1, April 2019

Mukdin, Khairani; Ulfa, Nurul; Zubaidi, Zaiyad. The Guardianship Of Property Obligations Of People With Syndrome. Al-Iqtishadiah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2023, 4.2: 154-174.Satria Efendi M. Zein, Problematika Hukum Keluarga Islam Kontemporer, Jakarta: Kencan, 2004

Sholihin, Riadhus; Rahma, Rahma; Zubaidi, Zaiyad. Kriminalisasi Homoseksual Sebagai Tindak Pidana: Studi Determinasi Moral Sebagai Hukum Pidana. Tasyri': Journal of Islamic Law, 2023, 2.1: 69-94.

Slamet Abidin, Aminuddin, Fiqh Muamalah I, (Bandung: Pustaka Setia, 1999)

Sulaiman Rasyid, Fikih Islam, (Jakarta: Sinar Baru Argensindo, 1996)

Syahrizal Abbas, Mediadi dan Hukum Syariah, Hukum Adat dan Hukum Nasional, (Jakarta: Prenada Media Group, 2011)

Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin, Shahih Fiqh Wanita Menurut A-Qur’an dan As-Sunnah (terj. Faisal Saleh & Yusuf Hamdani) (Jakarta Timur: Akbar Media, 2012)

Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Shahih Tafsir Ibnu Katsir jilid 2 (terj: Abu Ihsan al-Atsari (Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2008)

Wahbah Az-Zuhaili, Fiqih Islam Wa Adillatuhu Jilid 9 (terj. Abdul Hayyie al-Kattani, dkk) (Jakarta: Gema Insani, 2011)

Zubaidi, Zaiyad; yahya, faisal. Mediasi perkara harta bersama di pengadilan. 2023.

Zubaidi, Zaiyad; attusuha, riva. Pembinaan Narapidana Anak di Rutan Lhoknga Aceh Besar Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 dan Teori Maṣlahaḥ Murṣalaḥ. Legitimasi: Jurnal Hukum Pidana dan Politik Hukum, 2019, 8.2: 204-224.

Zubaidi, Zaiyad, and Ali Abubakar. "PERLINDUNGAN PEREMPUAN DALAM PUTUSAN VERSTEK HAKIM MAHKAMAH SYARIYAH BANDA ACEH." AHKAMUL USRAH: Jurnal S2 Hukum Keluarga dan Peradilan Islam 4.1 (2024): 79-96.

Published
2024-06-26
How to Cite
Asnawi, S., Fahmi, K., & Manan, A. M. (2024). PENYELESAIAN NUSYUZ SUAMI OLEH TUHA PEUT DI KABUPATEN NAGAN RAYA. HKAMUL SRAH: urnal 2 ukum eluarga an eradilan slam, 3(2), 38-45. https://doi.org/10.22373/ahkamulusrah.v3i2.5007
Section
Articles