PEMANFAATAN OLI BEKAS (OIL WASTE ) SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF PADA INDUSTRI

  • Khairun Nisah islamic state university of Ar-raniry
  • M. Zihni Hilman Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Oli bekas, Viskositas, Nilai kalor, Industri

Abstract

Fokus penelitian ini adalah penggunaan limbah oli bekas sebagai sumber bahan bakar alternatif untuk industri. Studi ini melihat sifat fisik, viskositas, dan nilai kalor campuran oli bekas dan solar saat digunakan. Hasilnya menunjukkan bahwa viskositas campuran oli bekas dan solar menurun dari 8,49 mm2/s menjadi 0,1 mm2/s, sementara nilai kalor meningkat dari 6157, 32 cal/g menjadi 6329,51 cal/g. Jika nilai viscositas turun, proses pembakaran menjadi lebih mudah dan semakin banyak bahan bakar yang terbakar sempurna, sehingga temperatur yang dihasilkan akan meningkat. Namun, peningkatan nilai kalor akan membuat pemompaan, penyalaan dalam burner, dan pengendalian proses industri lebih mudah. Untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja mesin di industri.

 

References

Arif, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Oli Bekas Sebagai Bahan Bakar Terhadap SFC dan Efisiensi Termal Mesin Diesel. jurnal mekanova, 7(1).

Ainul, G, SPG Gunawan T, & I Nyoman Suparta (2017). Karakteristik campuran solar dan hasil daur ulang oli bekas sebagai bahan bakar mesin diesel. jurnal mechanical, 8(2).

Azharuddin. (2020). proses pengolahan limbah b3 (oli bekas) menjadi bahan bakar cair dengan perlakuan panas yang konstan. jurnal austenit, 12(20)

Habibah, U. (2016). kajian adsorbsi logam dalam pelumas bekas dan prospek pemanfaatannya sebagai bahan bakar. jurnal konversi, 5(1).

Muh. Hasbi., l. l. (2019). pemanfaatan minyak oli bekas sebagai bahan bakar alternatif. seminar nasional .

Nurcholis, L. (2008). Perhitungan Laju Aliran Fluida Pada Jaringan Pipa. Jurnal Unimus, 7(1).

Lambotoruan, P. & Yuliyanti, E. (2016). pengaruh suhu terhadap viskositas minyak (pelumas oli). juranl ilmiah matematika dan ilmu pengetahuan alam, 13(2).

Prayetno, D., Riyono, J., & Pujiastuti, E. (2021). Pemanfaatan oil bekas sebagai bahan bakar. jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2).

Rahman, A. & Widyanto, (2021). Uji NIlai Kalor Oli Bekas Sepeda Motor Sebagai Bahan Bakar Mesin Diesel Dongfeng R175. JOM FTEKNIK.

Published
2024-04-30
Section
Articles