Work-Family Conflict pada Kepala Sekolah Wanita
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran pengalaman work-family conflict pada kepala sekolah wanita. Work-family conflict adalah konflik yang dialami oleh individu yang memiliki peran ganda yaitu peran dalam pekerjaan dan peran dalam keluarga. Dua peran yang dijalani oleh wanita tidak jarang menimbulkan konflik peran atau work-family conflict. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis interpretatif atau IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Responden dari penelitian ini adalah 2 (dua) orang partisipan primer yang bekerja sebagai kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, kredibilitas penelitian menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan indikator work-family conflict yang dikembangkan oleh Greenhaus dan Beutell yaitu time-based conflict, strain-based conflict, dan behavior-based conflict. Temuan dari penelitian ini menghasilkan 6 tema yaitu kepemimpinan, tantangan pekerjaan, tekanan dalam keluarga, menyeimbangkan peran, perasaan menjadi pemimpin, dan kemampuan personal. Kesimpulan penelitian ini yaitu kedua partisipan mengalami work-family conflict hal ini dapat dilihat dari karakteristik work-family conflict yang terpenuhi.