Analysis of Thinking Ability Among Higher Vocational School Students in Aceh
Abstract
Berpikir adalah aktivitas mental yang terjadi ketika seseorang menghadapi masalah atau skenario yang harus diselesaikan. Pemikiran analitis adalah kemampuan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan informasi. Informasi yang kompleks atau luas menjadi informasi prinsip dasar yang menciptakan informasi rinci untuk membantu individu dalam merumuskan jawaban. Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa kemampuan berpikir analitis siswa di SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Para peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan tes instrumen dalam bentuk pertanyaan tes esai. Penelitian ini melibatkan tujuh siswa dari SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Temuan penelitian ini mengungkapkan kemampuan berpikir analitis siswa SMK Muhammadiyah Banda Aceh, dengan empat dari tujuh siswa mampu berpikir secara analitis. Menurut temuan penelitian ini, siswa SMK Muhammadiyah Banda Aceh didominasi oleh bakat analitis. Melalui analisis kemampuan berpikir siswa di Aceh. Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan di Aceh berkinerja, serta identifikasi tantangan yang mungkin dihadapi siswa SMK dalam mengembangkan kemampuan berpikir. Hasil dari penelitian ini akan menjadi landasan untuk penelitian lanjutan mengenai kemampuan berpikir siswa SMK atau faktor-faktor yang mempengaruhinya.