https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/issue/feed Educator Development Journal 2024-03-12T22:03:31+00:00 Nurdin Amin nurdin.amin@ar-raniry.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Educator Deploment Journal</strong>: Is a scientific publication media and can be accessed by the public published by the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Ar-Raniry Banda Aceh, published twice a year in every February and September. This journal publishes the results of research and scientific work in the field of education and teaching in schools, tertiary institutions both formally and non-formally. Published articles in the form of research or results of studies in the fields of:</p> <ul> <li class="show">Education,</li> <li class="show">PTK,</li> <li class="show">Science Education,</li> <li class="show">Science Education</li> <li class="show">Social Education,</li> <li class="show">Religious education,</li> <li class="show">Learning Media</li> <li class="show">Methods, Models, Approaches and Strategies in Learning.</li> </ul> https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/2500 The Development of Virtual Laboratory in Solution Concentration Practicum in Chemistry Education Study Program UIN Ar-Raniry Banda Aceh 2024-03-06T21:32:42+00:00 Mesi Fittriah mesi mesifittriaa@gmail.com Adean Mayasri mesifittriaa@gmail.com Safrijal mesifittriaa@gmail.com <p>The background to the development of a virtual laboratory on concentration of solutions in chemistry education study program at UIN Ar-Raniry is the lack of use of interactive media in carrying out practicums, if practicums cannot be carried out directly in the laboratory. Like during the pandemic, which greatly hampered the practical implementation in person. Solution concentration practicum is one of the subjects that requires supporting media in practicum when practicum cannot be carried out directly in the laboratory. The purpose of this study was to describe the development of a virtual laboratory for concentration practicum in chemistry education study program at UIN Ar-Raniry Banda Aceh. The subjects of this study were 24 students of the Chemistry Education study program. The research method used is research and development using the ADDIE model. Data collection techniques used interviews, validation and student response questionnaires. Data analysis results of media validation and student response questionnaires used the proportion reduction formula. Based on the results of expert validation on aspects of media assessment, material and language for virtual laboratory media, an average proportion of 96.21% was obtained, including the "very valid" criterion. The results of student responses obtained a proportion of 90% with the "very good" criterion. Based on the results of the research, it can be concluded that the virtual laboratory developed has very good quality so that it is suitable for use as a support in learning.</p> 2024-02-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/2503 Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning Di Mtsn 4 Banda Aceh 2024-03-05T22:27:00+00:00 Eva Ayu Dwi Sartika zikra.hayati@ar-raniry.ac.id Misbahul Jannah misbahulj@ar-raniry.ac.id Zikra Hayati misbahulj@ar-raniry.ac.id Wati Oviana misbahulj@ar-raniry.ac.id <p>Dunia mengalami goncangan yaitu adanya virus Covid-19 yang memakan banyak korban sehingga hampir melumpuhkan semua kegiatan di segala sektor, mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk mengintruksikan penerapan sistem berbasis <em>online</em> yang serentak dilakukan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini tak terkecuali di MTsN 4 Banda Aceh yang menerapkan Pembelajaran <em>Blended Learning.</em> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA berbasis <em>blended learning</em> di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang di interprestasikan dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 7 orang responden yang terdiri dari 1 orang pendidik dan 6 orang peserta didik kelas IX. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran <em>online</em> atau daring, peserta didik dan pendidik menggunakan aplikasi <em>WhatsApp </em>dan <em>Classroom</em> sebagai media komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Adapun informasi yang diperoleh selama belajar online adalah berupa pembelajaran dari YouTube, Google , pdf dan buku paket. Pembelajaran secara luring, media yang digunakan adalah berupa video melalui infocus. Informasi yang diperoleh yaitu dari buku paket, buku guru dan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Pembelajaran tatap muka dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan.</p> 2024-02-18T21:25:32+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/3060 PENGEMBANGAN APLIKASI TRAINER PENGUKURAN LISTRIK BERBASIS IOT PADA PRAKTIKUM METODE PENGUKURAN 2024-03-05T22:27:01+00:00 sadrina sadrina@ar-raniry.ac.id Daudi Alwi daudialwi12@gmail.com Muhammad Ikhsan m.ikhsan@ar-raniry.ac.id <p>Penerapan trainer dalam mata kuliah metodologi perlu dilakukan karena hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen. Trainer praktikum ini menggunakan bahan inti seperti PZEM-004T dan NodeMCU sebagai sistem mikrokontrolernya. Trainer yang dikembangkan ini menjadi alat bantu pembelajaran dalam mengajarkan power meter berbasis IoT. Hasil pengukuran daya dapat dipantau melalui aplikasi blynk. Penelitian ini menggunakan pendekatan <em>research and development</em> (R&amp;D) yaitu perancangan dan pembuatan instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk menguji kelayakan program pelatihan oleh seorang validator. Peneliti menggunakan kuisioner untuk mengetahui respon responden terhadap penggunaan trainer. Hasil verifikasi dari ahli media dan materi menunjukkan bahwa alat peraga ini dapat diterapkan dalam mata kuliah metodologi pengukuran. Berdasarkan persentase yang diperoleh dari ahli materi, hasil validasi dari ahli media diperoleh nilai 97,14 dengan penilaian dua validator akhir sebesar 98,57% dan tanggapan responden menghasilkan nilai 85,25 dengan kategori “Sangat Layak.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-03-05T22:11:09+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/2604 Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek 2024-03-06T10:20:15+00:00 Sabila Walidaini 170210021@student.ar-raniry.ac.id Jamaliah Hasballah 170210021@student.ar-raniry.ac.id Faizatul Faridy 170210021@student.ar-raniry.ac.id <p>Kecerdasan Naturalis adalah Kecerdasan yang dimiliki individu yang berhubungan dengan tumbuhan, hewan dan lingkungan alam sekitarnya. Individu yang memiliki Kecerdasan Naturalis mampu untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan mengelompokkan terhadap apa yang ditemui di alam maupun lingkungannya.&nbsp; Semua Anak memiliki Kecerdasan Naturalis begitu juga di RA Babussalam akan tetapi diperlukan Metode yang menarik untuk menstimulasi Kecerdasan Naturalis Anak agar lebih berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek. Peneliti menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas A1 (kontrol) yang terdiri dari 14 anak dan kelas B1 (eksperimen) yang terdiri dari 10 anak. Pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa lembar observasi penilaian dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kecerdasan Naturalis anak sebelum menggunakan Pendekatan Proyek ada yang masi belum berkembang. Sedangkan setelah menggunakan Pendekatan Proyek Kecerdasan Naturalis anak berkembang lebih daripada sebelum menggunakan Pendekatan Proyek</p> 2024-03-06T10:10:01+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/2598 Efektivitas Komunikasi Guru dan Orang Tua Melalui WhatsApp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak 2024-03-06T10:50:52+00:00 Dwi dwinellyana14@gmail.com Heliati Fajriah heliatifajriah@ar-raniry.ac.id Dewi Fitriani dewi.fitriani@ar-raniry.ac.id <table width="605"> <tbody> <tr> <td width="187"> <p><strong>Article Information</strong></p> <p>Received :</p> <p>Revised&nbsp; :</p> <p>Accepted :</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong><strong>:</strong>&nbsp; Komunikasi guru dan orang tua, <em>WhatsApp</em>, Karakter)</p> </td> <td width="16"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> <td width="402"> <p>Komunikasi guru dan orang tua adalah hal yang penting dalam dunia pendidikan. <em>WhatsApp group</em> adalah aplikasi yang mempermudah terjadinya komunikasi dalam pembinaan nilai karakter pada anak. TK Cinta Ananda sudah menerapkan komunikasi melalui <em>WhatsApp group</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara komunikasi guru dan orang tua melalui <em>WhatsApp group</em> dalam pembinaan nilai karakter anak. Nilai karakter merupakan suatu sifat atau sesuatu hal yang dianggap penting dalam pembinaan nilai karakter anak, khususnya nilai karakter disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, komunikasi guru dan orang tua melalui <em>WhatsApp group</em> efektif dalam pembinaan nilai karakter dengan rata-rata perolehan t<sub>hitung</sub> sebesar 17,732 dan t<sub>tabel</sub> 2,101. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ada beberapa cara yang digunakan oleh guru dan orang tua untuk bertukar informasi di TK Cinta Ananda Banda Aceh terkait pembinaan nilai karakter disiplin pada anak yaitu melalui: (1) Pesan tertulis, guru menginformasikan pesan mengenai jadwal terkait kedisiplinan kepada orang tua. (2) Video, guru mengirim video terkait kedisiplinan dalam hal bertanggung jawab kepada orang tua (3) Foto, guru mengirimkan atau menginformasikan kepada orang tua saat anak melakukan tanggung jawab dan menaati peraturan, dan (4) Pesan suara yang terkait dengan karakter disiplin anak.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-03-06T10:50:12+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/2516 Identifikasi Kecerdasan Majemuk Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi SMA N 11 Banda Aceh 2024-03-06T20:54:06+00:00 Namira Sirfiana namira12aceh2@gmail.com <p>Identifikasi kecerdasan majemuk agar dapat memudahkan penilaian terhadap peserta didik dengan menggunakan beberapa tolak ukur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kecerdasan majemuk peserta didik pada materi usaha dan energi di SMA N 11 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA N 11 Banda Aceh sebanyak 5 siswa yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 Perempuan yang dilakukan dikelas yang berbeda. Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis sebanyak 5 orang atau sebesar 39%. Siswa yang memiliki kecerdasan bahasa sebanyak 23% atau 3 peserta didik. Pada kecerdasan interpersonal dan kecerdasan visual memiliki persentasi yang sama yaitu sebesar 15% atau 2 peserta didik, dan banyak siswa yang memiliki kecerdasan spritual yaitu sebesar 8% atau 1 peserta didik. Sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kecerdasan logis matematis dimiliki oleh semua peserta didik.</p> 2024-03-06T20:48:22+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/2480 Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital 2024-03-06T21:12:41+00:00 Silvia Sandi Wisuda Lubis sandisilvia16@yahoo.com Uswatun Hasanah silviasandi.lubis@ar-raniry.ac.id <p>Pendidikan karakter adalah penerapan nilai-nlai moral dan agama pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan. Penerapan nilai tersebut baik terhadap diri sendiri, keluarga, sesama teman, terhadap pendidik dan lingkungan sekitar maupun Tuhan Yang Maha Esa. Perkembangan sosial anak usia sekolah dasar sudah bertambah, dari yang awalnya hanya bersosial dengan keluarga di rumah, kemudian berangsur-angsur mengenal orang-orang di sekitarnya. Anak pada usia ini juga telah mengenal gaya hidup digital, baik itu dari rumah, teman-teman, sekolah dan lingkungan sekitar. Eradigital tidak hanya punya dampak positif, tapi juga berdampak negatif. Pendidikan di era digital saat ini sangatlah pesat, kemajuan dalam bidang teknologi tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa saja, anak-anak usia sekolah dasar juga sudah bisa menikmati dari hasil perkembangan teknologi saat ini. Teknologi banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, sebagai sarana dan prasarana interaksi antara pendidik dan peserta didik. Perkembangan teknologi saat ini mempunyai dampak positif dan dampak negatif, sebaiknya dampak positif lebih dominan dimanfaatkan oleh pengguna teknologi.</p> 2024-03-06T21:11:46+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/2489 A Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis PBL Dengan Model 4D Di SMP 2024-03-06T21:52:21+00:00 Syawal Januar waltzy46@gmail.com M. Duskri m.duskri@ar-raniry.ac.id Susanti susanti@ar-raniry.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjadikan video pembelajaran matematika sebagai bahan acuan untuk guru dan calon guru dalam menerapkannya pada saat pembelajaran ditingkat Sekolah Menengah Pertama. Karena pembelajaran yang terdapat sekarang belum maksimal dari segi penerapannya, salah satu penyebabnya guru belum memahami secara keseluruhannya terkait model pembelajaran yang akan dilaksanakan, karena guru banyak memahami teorinya dari pada praktiknya terhadap model pembelajaran yang ada. Penelitian ini menggunakan metode <em>research and development</em> (R&amp;D) dengan model 4D (<em>four-D</em>). Model ini mempunyai empat tahapan yaitu pendefenisisan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian dari para ahli dan uji kepraktisan menyatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dan praktis. (1) dari ahli perangkat pembelajaran dan ahli media mengungkapkan video pembelaajran berbasis <em>problem based learning </em>di SMP layak untuk digunakan. (2) dari uji coba skala kecil yang dilakukan tiga responden memperoleh persentase positif adalah 89,35% yang termasuk praktis. Hasil kesimpulannya pengembangan media video pembelajaran matematika berbasis pbl dengan model 4D di smp adalah valid dan praktis.</p> 2024-03-06T21:52:21+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/4304 Peran Orangtua dan Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Perilaku Menyimpang Siswa 2024-03-09T15:59:29+00:00 Fakhri fakhri.anum@gmail.com Selli Ariska fakhri.yacob@ar-raniry.ac.id Muhammad Asri fakhri.yacob@ar-raniry.ac.id Azwinawati fakhri.yacob@ar-raniry.ac.id <p><strong>Abstrak. </strong>Gejala perilaku menyimpang pada siswa muncul karena adanya stimulus negatif yang mempengaruhi individu dalam bertindak. &nbsp;&nbsp;Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran orangtua dan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di sekolah dan menjelaskan beberapa kendala orang tua dan guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku menyimpang siswa di SMA 11 Banda Aceh. Data penelitian dikoleksi dengan teknik observasi dan wawancara. Subjek penelitian meliputi orangtua siswa dan guru BK. Hasil penelitian melaporkan bahwa bentuk peran orangtua dan guru BK dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa adalah berupa adanya kerjasama formal antar guru BK dan orangtua siswa dan kerja sama informal dimana anak dilibatkan dalam pertemuan informal dan dilakukan di luar sekolah. Di samping itu, penelitian ini juga melaporkan adanya kendala yang dihadapai guru dalam menangani perilaku menyimpang siswa yaitu siswa memiliki latar belakang yang heterogen, lingkungan sosial tidak mendukung, kurangnnya kesadaran siswa, dan kurangnya singkronisasi pengetahuan dan tindakan perbaikan yang diinginkan guru BK dengan tindakan orangtua dalam lingkungan keluarga.</p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong><em> Perilaku Menyimpang Siswa, Peran Orangtua, Peran Guru Bimbingan dan Konseling.</em></p> 2024-03-09T15:59:28+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal https://journal31.ar-raniry.ac.id/edj/article/view/4193 Implementasi Teknik Kursi Kosong Terhadap Kecemasan Korban Bullying Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar 2024-03-12T22:03:31+00:00 Genari Naqiatsyah 190213019@student.ar-raniry.ac.id Muslima 190213019@student.ar-raniry.ac.id <p>Anxiety in victims of bullying arises because they feel that they are not perfect, and consider themselves weak so that they are unable to defend themselves who are the targets of repeated aggressive and manipulative treatment, both physically and mentally. Treatment to reduce the anxiety of victims of bullying, one of which is the empty chair technique through individual counseling because it can help the counselee to express all pent-up emotions and say what has been true that has not been able to be conveyed so that it can be said by means of students who are victims of bullying imagining the bully being present in front of them. This research aims to determine the implementation of the empty chair technique on the anxiety of bullying victims at SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. This quantitative research uses an experimental method with (One Group Pre-Test, Post-Test). The data collection technique used a Likert scale form with a population of 26 students from class The results of the research showed that the implementation of the empty chair technique significantly reduced the anxiety of bullying victims, as indicated by the change in the average score from the pre-test from 103.5 to 79.75 in the post-test. From the results of the hypothesis test, ttable &lt; tcount = 2.353 &lt; 23.041. From the comparison it was decided that Ho was rejected and Ha was accepted. Based on the research results, it was concluded that the implementation of the empty chair technique could reduce the anxiety of bullying victims at SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar</p> 2024-03-12T21:59:18+00:00 Copyright (c) 2024 Educator Development Journal