IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM KELAS

  • Nidawati UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap peserta didik. Penyesuaian yang dimaksud adalah terkait minat, profil belajar, kesiapan peserta didik agar tercapai peningkatan hasil belajar. Pembelajaran berdiferensiasi mampu membantu peserta didik mencapai hasil belajar optimal, karena produk yang akan mereka hasilkan sesuai minat mereka. Melalui kegiatan pembelajaran berdiferensiasi ini, semua kebutuhan belajar peserta didik terakomodir karena sesuai minat atau profil belajar yang dimiliki. Terdapat empat (4) komponen pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: isi, proses, produk, dan lingkungan belajar, yakni dimana proses pembelajaran berdiferensiasi juga dapat memberikan ruang yang luas kepada peserta didik untuk mendemostrasikan apa yang telah mereka pelajari sehingga pembelajaran berdiferensiasi secara tidak langsung mendorong kreativitas peserta didik. Selain itu, karena kreativitas akan terus berkembang, maka pembelajaran diferensial termasuk pendekatan yang sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran sehingga mempermudah ketercapaian tujuan pembelajaran.

References

Anwar Sanusi. 2018. Diferensiasi Pembelajaran Praktik dan Teori, Jakarta: Prenada Media Group.
Access Center, 2005. Differentiated Instruction for Match
Arends, R. 2013. Belajar Untuk Mengajar. Jakarta: PT Salemba Humanika.
Azhar Arsyad. 2015. Differentiated Instruction; Prinsip, Teori dan Praktik Pembelajaran Berkualitas untuk Semua Siswa, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Bao, J, 2013. Teaching and Learning Strategies for Difeerentiated Instruction in the Language Classroom
Budiyono. 2015. Pembelajaran Berbasis Differensiasi, Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Dede Rosyada. 2013. Strategi Pembelajaran Differensiasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hollas. 2005. Differentaiting Instruction in a whole Group Setting, USA: Crystal Sprongs Books

Gregory, G, H and Chapman, C. 2002. Differentiated Instructional Strategies; One size doesn’t fit all. USA: Corwin Press.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi standard Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Tomlinson. 2000. What is Differentiated Instruction, Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Tomlinson, C.A. & Moon, T,R. 2013. Assessment and Student Success in a Differentiated Clasroom, Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development

Walsh, K. 2017. Self-Sdirected Learning at The Point of Care, Journal of Innovait.
Published
2023-11-16
How to Cite
Nidawati. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM KELAS. ITRAH: nternational slamic ducation ournal, 5(2), 1-17. https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i2.3726