Analisis Proses dan Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan di SMA Provinsi Aceh

  • Melia Kurniati UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Yuniska Suzerra UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mesi Fitriah UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nurmalahayati Nurdin UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muhammad Reza UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mujakir Mujakir UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Riza Zulyani UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Covid-19;, pembelajaran daring;, kebijakan Pemerintah tentang pembelajaran daring;

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan (daring) merupakan proses pembelajaran yang baru baik bagi siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil proses belajar mengajar selama masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah berbentuk survey. Sampel dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang dipilih secara acak dari delapan sekolah untuk mengisi kuisioner. Aspek yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar, metode dan kebijakan pemerintah selama masa pandemi covid-19. Data diolah dan hasil menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai proses belajarĀ  secara luar jaringan (luring) dari pada proses belajar daring. Selain itu, integritas siswa dan efektifitas pembelajaran juga turut menurun selama pembelajaran daring. Pembelajaran daring dirasa sulit guru dan siswa karena kurangnya bahan ajar dan akses internet. Solusi dari permasalahan ini adalah mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi bagi guru dan siswa. Selama proses pembelajaran daring, orang tua juga memiliki peran yang sangat penting, yakni menjadi penyemangat dan motivator bagi siswa untuk tetap semangat selama selama pembelajaran daring.

Published
2023-01-01
Section
Articles