Pemberdayaan Anak Yatim (Studi Kasus di Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh)

  • Fahmi Reza Magister PAI Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Salami Salami Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
  • Zulfatmi Zulfatmi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Pemberdayaan, anak yatim, dayah

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh keluarga seperti perceraian, broken home, masalah ekonomi, atau meninggal salah satu kedua orang tua menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh besar bagi psikologi anak dan pengembangan kepribadian serta pendidikan. Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua akan berdampak negatif bagi perkembangan anak. Adanya lembaga pendidikan Islam seperti Dayah Markaz Al-Islah Al-Aziziyah yang menampung anak-anak yatim untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri anak dan mendapatkan pendidikan yang layak. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan anak yatim di Dayah Markaz Al-Islah Al-Aziziyah Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa proses pemberdayaan anak yatim dalam pembinaan akhlak dan peningkatan pengetahuan agama di Dayah Markaz Al-Islah Al- Aziziyah Kota Banda Aceh melalui tiga tahap yaitu; 1) Perencanaan meliputi menyusun struktur kepengurusan dan menyusun program kerja. 2) pelaksanaan meliputi mengikuti pengajian rutin setiap hari, menghafal al- Qur’an, dan melaksanakan rutinitas ibadah wajib dan sunah secara berjamaah. Pembinaan kerohanian serta pembinaan akademik (pendidikan formal). 3) evaluasi terhadap santri dan guru

Published
2022-01-01
Section
Articles