Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kreativitas Belajar Siswa di SMPN Unggul Sigli Kabupaten Pidie

  • Muhammad Muhammad Pascasarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Kreativitas Belajar

Abstract

Strategi guru agama Islam dalam membina kreativitas belajar siswa di SMP Negeri Unggul Sigli. Peneliti berasumsi bahwa tingkat kreativitas belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tinggi di SMPN Unggul Tersebut. Hal ini terlihat dapat ditelusuri lebih lanjut terkait strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut, sehingga siswanya memiliki kreativitas tinggi. Penelitian ini berkontribusi dalam studi mengenai kontinuitas kajian kreativitas belajar dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara intensif selama dua bulan. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai dua guru bidang studi agama Islam, kepala sekolah, dan juga beberapa siswa di sekolah tersebut. Selain itu, data dalam penelitian ini juga dikuatkan dengan teknik observasi terhadap berbagai kegiatan yang diadakan oleh sekolah, serta mengumpulkan data daru berbagai dokumen, baik cetak atau online yang terkait dengan penelitian ini.Tesis ini menunjukkan bahwa guru di SMP Negeri Unggul Sigli menggunakan beberapa strategi dalam membina kreativitas belajar siswa, yaitu metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang beragam, sumber-sumber belajar, dan menjadi seorang guru yag kreatif. Adapun pembinaan kreativitas belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi pendukung, yaitu dukungan pimpinan atau kepala sekolah, program-program moving class (seperti kelas olimpiade dan sains, tahfidz, seni, kelas bahasa, olahraga serta setoran hafalan wajih setiap pagi), dan kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah juga menjadi faktor pendukung bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kreativitas siswa.

Published
2023-01-01
Section
Articles