Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran

  • Maisarah Maisarah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, 23111, Indonesia
  • Darwani Darwani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, 23111, Indonesia
  • Ita Mursyida MTsN 6 Aceh Besar
Keywords: Minat Belajar, Matematika, Media Pembelajaran

Abstract

Adapun tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat belajar matematika siswa tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas di kelas VII MTsN 6 Aceh Besar setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan yang berorientasi pada upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex-post facto . Penelitian dilaksanakan dengan melakukan preetes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan mengalami peningkatan. Rekapitulasi hasil pembelajaran p- pada preetes dengan nilai rata-rata 57,6 dan postes dengan nilai rata-rata73,8. Maka hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Published
2023-01-01
Section
Articles