Model Integrasi Kurikulum pada Pondok Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Kota Banda Aceh

  • Mariah Ulfa Magister PAI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Kusmawati Hatta Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Mujakir Mujakir Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Integrasi, Kurikulum

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam lembaga pendidikan, output yang akan dihasilkan tergantung bagaimana rancangan kurikulum yang diberikan kepada siswa integrasi kurikulum adalah salah satu cara yang diharapkan melahirkan generasi islami, berkompetensi dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model integrasi kurikulum, (2) penerapan integrasi kurikulum, (3) hasil belajar santri mengunakan integrasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sederhana. Subjek penelitian kepala sekolah, guru, ustad, ustazah dan santri, yang dipilih secara purposive sampling, teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis dapatkan di lapangan yaitu: (1) integrasi kurikulum di Pesantren Modern Babun Najah menggunakan pembelajaran terpadu model connected, dalam mata pelajaran Fiqih, (2) penerapan integrasi kurikulum dilaksanakan dengan 3 langkah (a) perencanaan dengan mengidentifikasi mata pelajaran PAI dengan materi kitab, (b) pelaksanaan dilakukan pada proses pembelajaran fiqih dengan langkah pembelajaran awal, inti hingga akhir, (c) evaluasi, dengan melihat hasil pencapaian siswa melalui kegiatan ujian lisan dan tulisan.

Published
2022-01-01
Section
Articles