Pelaksanaan Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa MTsN 4 Banda Aceh

  • Wildan Isma Hari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Fakhri Fakhri Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Nuzliah Nuzliah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Penyesuain Sosial Siswa

Abstract

Penyesuaian sosial merupakan proses adaptasi individu dengan lingkungan terutama di lingkungan sekolah, baik dengan teman sebaya dan guru-guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyesuaian sosial siswa di MTsN 4 Banda Aceh (2) pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa di MTsN 4 Banda Aceh (3) untuk mengetahui apakah metode layanan informasi dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdari dari lima responden yaitu dua guru BK dan tiga siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam (Indepth Interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles daan Huberman (reduksi data, Penyajian data dan penarik kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian menjukkan bahwa: (1) terdapat siswa yang tidak dapat beradaptasi dengan teman-teman dikelas dan guru di sekolah(2) adanya layanan informasi yang diberikan guru BK kepada siswa kelas VII mengenai tentang penyesuaian sosial (3) terdapat kendala dalam pelaksanaan layanan informasi karena tidak adanya waktu untuk pelaksanaan layanan BK disekolah MTsN 4 Banda Aceh.

Published
2022-01-01
Section
Articles