Analisis Tahapan Kegiatan Biblioterapi bagi Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang

  • Nurlian Sari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • T. Mulkan Safri Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Ruslan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Suci Fajarni Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Bibliotherapy, Disabilitas, Minat Baca

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Tahapan Kegiatan Biblioterapi bagi Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang”. Penelitian ini mengkaji bagaimana bentuk biblioterapi dan pengaruh terhadap anak disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang. Fokus  atau target dalam penelitian ini adalah latar belakang bentuk dan bagaimana pengaruh biblioterapi terhadap anak disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk dari biblioterapi yang ada di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang ialah berupa kegiatan membaca, bercerita, mewarnai serta adanya dzikir pagi. Sedangkan untuk pengaruh biblioterapi sendiri ialah guru serta pustakawan melihat adanya peningkatan kemampuan membaca pada siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang.

Published
2023-12-31
How to Cite
Sari, N., Safri, T. M., Ruslan, & Fajarni, S. (2023). Analisis Tahapan Kegiatan Biblioterapi bagi Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Sabang. ndonesian ournal of ibrary and nformation cience, 4(2), 9-21. https://doi.org/10.22373/ijlis.v4i2.4027