Bimbingan Kemampuan Membaca Al-Qur'an melalui Ilmu Tajwid pada Santri Pengajian Gampong Merduati

  • Nurul Fajri Ramadhani Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Tajwid, Bimbingan, Al-Qur'an

Abstract

Abstrak

Ilmu tajwid merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari, apaladi bagi seseorang yang beragama Islam, karena pada dasarnya ilmu tajwid adalah pengetahuan tentang kaidah serta cara- cara membaca Al- Qur’an dengan sebaik- baiknya. Penelitian ini mengkaji tentang bimbingan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua faktor yang menunjang kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kecerdasan, motivasi, minat dan bakat santri. Faktor eksternal meliputi ustadz/ustadzah, sarana dan fasilitas, keluarga, dan lingkungan masyarakat. Pada bimbingan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang ditunjukkan dari pengucapan makharijul huruf, pengetahuan tentang hukum mad, hukum nun mati atau tanwin, hukum mim mati, dan pengucapan huruf- huruf qalqalah.

 

Kata Kunci: Tajwid; Bimbingan; Al-Qur’an

 

References

Departemen Agama RI, Abdullah. Mushaf Al-Qur’an Terjemahan. Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2002.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sei H. DT. Ilmu Tajwid Populer 17 Kali Pandai. Yogyakarta: Tombak Alam, 2006.

Zakiah Darajat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2002.

Zarkasyi. Pelajaran Tajwid. Ponorogo: Trimurti. 1995.

Published
2023-01-01
How to Cite
Fajri Ramadhani, N. (2023). Bimbingan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Ilmu Tajwid pada Santri Pengajian Gampong Merduati. urnal iset an engabdian asyarakat, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i1.1037