Desain Pengabdian Pembinaan Mudabbir-Mudabbirah dalam Pengasuhan Santri dengan Pendekatan Mau’idhah Hasanah pada Dayah Boarding School

  • Salma Hayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Lailatussaadah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mujiburrahman
  • Yusriman
  • Amiratun Nisak
  • Nargis An-Nazary
Keywords: coaching, parenting, mau'idhah hasanah, mudabbir-mudabbirah, santri

Abstract

The purpose of this service-based research is to design the mentoring of mudabbir-mudabbirah in the care of santri with a mau'idhah hasanah approach  in dayah  of boarding school. The research method used is research and development based on Sugiyono which refers to the theory of Borg and Gall and  takes three (3) steps; potential and problems, data collection and activity design. The data were analyzed in a qualitative descriptive. The results of the service-based research of mudabbir mudabbirah mentoring in nurturing santri with mau'idhah hasanah were carried out using a five-stage frame of reference; input, activities, output, purpose and goal.

References

Ali, K. M., Imtihana, A., Ismail, F., & Zaini, H., “Penerapan Pola Asuh Terhadap Santri Di Pondok Pesantren Al-Amalul Khair Palembang.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2) 2018.
Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Endaryono, B. T., “Pola Asuh Pendidikan Pesantren Terhadap Perkembangan.” Edukasi: Jurnal l Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3) 2020: 314–325;

Iman, M. 6 Karakter Pengasuhan Pesantren Unggul. Griya Parenting Indonesia. https://griyaparenting.com/6-karakter-pengasuhan-pesantren-unggul, diakses pada 05 Oktober 2022.

Junaidi. “Pendekatan Komunikasi Islam pada Nilai Mau’izah Hasanah (Talaah Konsep dan Aplikasi Dalam Kehidupan)”. Jurnal Peurawi2, 3(1) 2020.

Karim, I., & Masrukin, A., “Peran Progam Wali Asuh dalam Membentuk Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Putra Lirboyo.” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(3) 2020.

Najih, S., “Mau’Idzah Hasanah dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Bimbingan Konseling Islam.” Ilmu Dakwah, 36(1) 2016: 144–169.

Nashrullah, N. Alasan Madrasah dan Pesantren Masih Sangat Diminati. Republika.Com, 2019.

Rahim, I., “Formulasi Metode Pengasuhan Santri pada Pondok Pesantren Al-Junaidiyah Biru Bone dalam Menangkal Pemikiran Radikalisme.” Al-Qayyimah, 3(2) 2020.

Rakhmawati. “Pola Pengasuhan Santri di Pondok Pesantren dalam Mengantisipasi Radikalisme: Studi pada Pesantren Ummul Mukminin dan Pondok Madinah.” Jurnal Diskursus Islam, 1(1) 2013.

Ritonga, M. “Penerapan Metode Dakwah Mau’idzah Hasanah di Era Hoax Milenial (Pemuda Warga Puri Domas SlemanYogyakarta).” Al-MUNZIR, 12(1) 2019.

Shofwan, I., Yusuf, A., Suryana, S., & Widhanarto, G. P. “Evaluasi Program “Model Logical Framework” untuk Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).” Jurnal Panjar, 1(1) 2019.

Syahrul, I., Tajibu, K., & Muhammad, F. “Pengaruh Metode Dakwah Al-Mauizah Al-Hasanah Terhadap Problematika Santri Pondok Pesantren Al-urwatul Wutsqaa di Kabupaten Sidenreng Rappang.” Jurnal Mercusuar, 2(2) 2021.

Syarifah, L., Latifah, N., & Puspitasari, D. “Keteladanan Pengasuh dan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1) 2021.

Syafe’i, I. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I) 2017.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Suparta, M., & Hefni, H., Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group. 2003.

Qutub, S. (n.d.). Fi Zilal al-Quran. (Beirut: Dar al-Syuruq, t.t).
Published
2023-07-01
How to Cite
Hayati, S., Lailatussaadah, Mujiburrahman, Yusriman, Nisak , A., & An-Nazary, N. (2023). Desain Pengabdian Pembinaan Mudabbir-Mudabbirah dalam Pengasuhan Santri dengan Pendekatan Mau’idhah Hasanah pada Dayah Boarding School. urnal iset an engabdian asyarakat, 3(2), 273-284. https://doi.org/10.22373/jrpm.v3i2.3210