PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA
Abstract
Mempelajari matematika tidak hanya dalam memahami konsep atau prosedurnya, tetapi banyak hal yang muncul dari proses pembelajaran matematika. Kurangnya sarana dan prasarana seperti media pembelajaran yang bervariasi, menyebabkan proses pembelajaran matematika terkesan monoton dan kurang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berupa PPT terkait materi Tabung yang berbasis Etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, sedangkan model pengembangan yang dilakukan adalah model 4D. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa validasi yang dilakukan oleh 2 validator ahli terhadap pengembagan perangkat pembelajaran berupa PowerPoint dengan berbasis budaya Kindang diperoleh hasil nilai rata-rata presentase sebesar 89,41% dengan kriteria Sangat Baik (layak untuk digunakan), dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis budaya masyarakat Nagan Raya yaitu penggunaan Kindang yang terkait dengan materi tabung sudah dapat digunakan. Pada uji kepraktisan media yang melibatkan 3 orang pendidik, diperoleh rata-rata skor 4,471 yang berarti x > 3,25 maka media pembelajaran matematika pada materi tabung berbasis budaya masyarakat Nagan Raya yang menggunakan Kindang memperoleh kriteria yang “sangat baik” sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.