PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Farah Fadillah
  • Khusnul Safrina
  • M. Duskri UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: pemecahan masalah, Realistic Mathematics Education (RME), modul

Abstract

Modul Pembelajaran memiliki peran penting buat menyebarkan  teknologi berdasarkan  kecakapan  abad 21 siswa pada pembelajaran  matematika. sesuai pemetaan awal diperoleh gosip bahwa belum tersedia modul yang berbasis Realistic  Mathematics Education  (RME). sang sebab itu peneliti ingin membuatkan bhan ajar dalam bentuk modul pembelajaran matematika berbasis Realistic  Mathematics Education (RME) di peserta didik Sekolah Menengah Pertama/MTsN yang memenuhi kriteria valid serta praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah-langkah pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memakai lembar validasi pakar, lembar validasi praktisi serta lembar uji keterbacaan siswa. yang akan terjadi penelitian membagikan modul pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevaliditasan, hal ini diperoleh dari hasil analisis evaluasi validator yg mencapai rata-rata total sangat valid serta evaluasi modul antar validator termasuk kategori baik. Selain itu kepraktisan modul memenuhi kriteria sangat baik, hal ini diperoleh berasal penilian akibat analisis lembar validasi pengajar membagikan dari segi isi modul diperoleh homogen-homogen  87,68% dengan kriteria sangat baik serta asal segi tampilan modul diperoleh rata-rata 91,65% dengan kriteria sangat baik, selain itu hasil analisis uji keterbacaan peserta didik terhadap modul pembelajaran dengan memperoleh rata-rata total 83,75% dengan kriteria sangat baik. dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan  simpel.      

Published
2024-08-01