Faktor Personal dan Situasional dalam Atraksi Interpersonal; Analisis Buku Psikologi Komunikasi Karangan Jalaluddin Rakhmat
Abstract
Artikel ini membahas tentang faktor-faktor personal dan situasional yang mempengaruhi atraksi interpersonal yang ditulis Jalaluddin Rakhmat dalam bukunya Psikologi Komunikasi halaman 110-117. Faktor-faktor yang dibahas itu dikaji dalam perspektif komunikasi Islam. Kajian demi kajian dalam artikel ini tidak bermaksud menyudutkan tulisan dalam buku tersebut karena isi tulisan itupun banyak dari hasil-hasil penelitian sebelumnya, tetapi penulis ingin melihat aspek-aspek kajian komunikasi Islam yang bisa dimunculkan dari tulisan yang sudah ada tersebut sebagai upaya pengembangan dari karya yang sudah ada. Kajian dalam artikel ini menggunakan berbagai bahan rujukan yang menguatkan kajian komunikasi Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab tertariknya seseorang berinteraksi dengan orang lain baik itu faktor personal maupun faktor situasional yang dibahas dalam buku Jalaluddin mendapat peluang masuknya kajian komunikasi Islam. Kesamaan karakteristik personal merupakan salah satu sebab tertarik interaksi interpersonal, akan tetapi ketidaksamaan karakteristik juga harus menjadi daya tarik interaksi interpersonal. Bagaimana seseorang yang mempunyai karakteristik bagus dalam kacamata agama bisa memengaruhi orang lain yang berkarakteristik kurang bagus ke arah yang lebih bagus kalau perbedaan karakteristik menjadi penghalang ketertarikan dalam interaksi interpersonal. Bagitu juga faktor-faktor yang lainnya juga dibahas dalam artikel ini.
References
al-Bukhārī, Muḥammad bin Ismā‘īl. Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, dalam Hadith Encyclopedia ver. 1 [CR ROM]. Harf Information Technology Company, 2000.
Fakhri dkk, Komunikasi Islam, Yogyakarta: AK Group, 2006.
Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007
Muhammad Faiz Almath, 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad, Jakarta: Gema Insani Press, 1994
Syukur Kholil, Komunikasi Islam, Bandung: Citapustaka Media, 2007.
Ujang Saefullah, Kapita Seleta Komunikasi: Pendekatan Budaya dan Agama, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2013