PENGARUH KORUPSI TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

  • Muhammad Razif Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Khalil Gibran
Keywords: Korupsi;, Perekonomian;, Penanggulangan:, Indonesia;

Abstract

Tindakan korupsi merupakan suatu masalah bagi Negara karena dapat meganggu stabilitas dan kesejahteraan masyarakat. Korupsi berdampak pada banyak aspek salah satunya adalah ekonomi dimana korupsi dapat menghambat dan mengacaukan stabilitas pembangunan ekonomi dengan mendistorsi hukum dan melemahkan landasannya dimana ekonomi sangat bergantung pada hal tersebut. Saat ini korupsi sudah sangat menjamur di Indonesia dan sangat sulit untuk dibasmi dimana korupsi sudah terjadi di berbagai aspek baik itu politik, sosial, hingga perguruan tinggi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi korupsi di mulai dari segi regulasi, pemanfaatan, teknologi, hingga peningkatan partisipsi masyarakat. Korupsi bukanlah hal yang mustahil diatasi namun tentunya prosesnya tidak sedrhana serta harus melibatkan berbagai aspek masyarakat dan pemerintah. Fokus dan tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh korupsi terhadap perekonomian di indonesia dan upaya penanggulangannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Sumber data berasal dari website, berita, jurnal, dan media lainnya. Teknik analisis data menggunakan analisis content. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Korupsi yang berefek secara berkelanjutan di bidang ekonomi merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan karena dapat mengancam suatu negara, kebanyakan kasus kriminalitas terjadi karena permasalahan ekonomi yang dialami oleh pelaku sehingga dengan peningkatan ekonomi maka kriminalitas akan turun dengan sendirinya. Efek korupsi juga menghambat perekonomian di bidang distribusi karena korupsi di berbagai infrastuktur khususnya tranportasi menghambat distribusi yang mengakibatkannnya menjadi lambat dan mahal.Pemberantasan korupsi memang sulit dilakukan namun bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan, berbagai program mulai dari penataan peraturan-perundang-undangan hingga pemanfaatan teknologi membuat hal ini bukan hanya sekedar mimpi belaka. Digitalisasi merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi korupsi karena mengurangi celah terjadinya korupsi dan jikapun terjadi mudah dilacak, namun hal ini perlu dilakukan secara menyeluruh dan perlu adanya peningkatan kemampuan tenaga ahli di bidang teknologi serta pengawasan yang ketat dalam pengunaanya

References

Aclc.kpk.go.id. “Indeks Persepsi Korupsi.” Accessed July 7, 2023. https://aclc.kpk.go.id/materi-pembelajaran/politik/infografis/indeks-persepsi-korupsi.
Adelina, Fransiska. “Bentuk-Bentuk Korupsi Politik.” Jurnal LEGILASI INDONESIA 16, no. 1 (2019).
Dana, Badara Shofi, Eni Supriyanti, and Irin Cahyawati. “Pertumbuhan Ekonomi Dan Korupsi Di Indonesia: Pendekatan Good Governance.” In UNEJ E-Proceeding, Vol. 2017. Jember, 2017.
Latukau, Fikry, and Widati Wulandari. “Pengadopsian UNCAC Mengenai Pengembalian Aset Hasil Korupsi Yang Dibawa Atau Disimpan Ke Luar Negeri Dalam Penegakan Hukum Indonesia.” Jurnal Belo 5, no. 1 (2019). https://doi.org/10.30598/belovol5issue1page10-31.
Magihot, Johanes. “KPK Tetapkan Rektor Unila Karomani Sebagai Tersangka Suap Penerimaan Mahasiswa Baru,” 2022. https://www.kompas.tv/nasional/320925/kpk-tetapkan-rektor-unila-karomani-sebagai-tersangka-suap-penerimaan-mahasiswa-baru?page=all.
Mahmud, Ade. “Problematika Asset Recovery Dalam Pengembalian Kerugian Negara Akibat Tindak Pidana Korupsi Kajian Putusan Nomor 62/Pid.Sus/Tipikor/2013/PN.PBR.” Jurnal Yudisial 11, no. 3 (2018): 347. https://doi.org/10.29123/jy.v11i3.262.
Narindrani, Fuzi. “Penyelesaian Korupsi Dengan Menggunakan Restoratif Justice (Corruption Settlement Using Justice Restoratives).” Jurnal Penelitian Hukum De Jure 20, no. 4 (2020).
Nawatmi, Sri. “Korupsi Dan Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Asia Pasifik.” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi 21, no. 1 (2014).
Patra, Junaidi I Ketut. “Korupsi, Pertumbuhan Ekonomi I Ketut Patra, J. (2018). Korupsi, Pertumbuhan Ekonomi Dan Kemiskinan Di Indonesia (S2). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(1), 71–79. Https://Doi.Org/10.23917/Reaksi.V3i1.5609Dan Kemiskinan Di Indonesia (S2).” Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia 3, no. 1 (2018).
Sandra, Lidya Joyce. “Political Branding Jokowi Selama Masa Kampanye Pemilu Gubernur Dki Jakarta 2012 Di Media Sosial Twitter.” Jurnal E-Komunikasi 1, no. 2 (2013). http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/912.
Syawawi, Reza. “Diskresi Dan Potensi Korupsi Dalam Penyelesaian Masalah Hukum Terkait Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (Analisis Terhadap Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Dan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2016).” Jurnal Legislasi Indonesia 18, no. 3 (2021).
Published
2023-06-13
How to Cite
Razif, M., & Gibran, K. (2023). PENGARUH KORUPSI TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA. urnal anger ocial, dministration and overnment eview, 1(1), 43-56. etrieved from https://journal31.ar-raniry.ac.id/sanger/article/view/3341