Pengembangan Media Celemek Hitung Untuk Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan

  • Rahma Danti Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Heliati Fajriah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Lina Amelia Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Media Celemek Hitung, Pengenalan Konsep Bilangan

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan terdapat beberapa permasalahan dalam proses kegiatan belajar masih banyak anak yang belum mampu dalam memahami konsep bilangan serta kurangnya penggunaan media konkrit hanya berupa poster sehingga anak mudah bosan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah adalah bagaimana proses pengembangan dan kelayakan media celemek hitung serta bagaimana penerimaan anak dalam penggunaan media celemek hitung pada usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta bagaimana penerimaan anak terhadap media celemek hitung untuk pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development dengan menggunakan modelĀ  ADDIE yang terdir idari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan analisis kelayakan media celemek hitung oleh ahli media memperoleh dengan skor persentase 84% termasuk kategori sangat layak, dan ahli materi memperoleh skor persentase 75% dan termasuk kategori layak. Penilaian kelayakan media celemek hitung dari guru memperoleh skor dengan persentase 85%. Kemudian untuk hasil observasi anak berdasarkan hasil dari penilaian dengan jumlah 15 orang anak memperoleh hasil dengan skor persentase 83% termasuk pada kategori sangat layak dan berdasarkan hasil skor yang diperoleh tersebut maka anak dapat menerima penggunaan media celemek hitung untuk pembelajaran konsep bilangan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media celemek hitung layak digunakan dalam proses pembelajaran pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2013. Perkembangan Nilai Karakter Konktruktivis medan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Afektif. Jakarta: RajawaliPes.
Aisyah, Siti. 2010. Buku Materi PAUD: Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Azhar, Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.
Darmadi. 2018. Asyiknya Belajar Sambil Bermain. Lampung: Guepedi.
Darmawan, Cecep Kustandi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pusataka.
Dewi, Yuhasriati Wahyuni. 2016. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Bermain Rancang Bangun Balok di PAUD Al Fatih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia dini. Vol. 2, No. 2.
Efrida, Germana Due. 2019. Pengembangan Media Apron Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak, Al Athfal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2, No. 2.
Fauziatul, Anggi. 2021. Peningkatan Kecerdasan Linguistik pada Anak Usia Dini Melalui Celemek Flanel di TK Al-Amin Lhokseumawe, Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini.Vol. 2, No. 2.
Guslianda, dkk. 2018. Media Pembelajaran. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.
Hasil Observasi di RA. AL-IHSAN Gampong Gadang Kasik Putih Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan, pada tanggal 13-15 Juni 2021.
Iqlima, Rudi Gunawan. 2016. Perbedaan Pengenalan Konsep Bilangan ditinjau dari Kreativitas Berpikir dan Media Pembelajaran Bermain Edugames-ICT dan Permaianan Sederhana di RA Jihan Ulfani. Jurnal Ilmiah Saintikom. Vo.l 15, No. 3.
Juariyah, Betti. 2017. Pengaruh Media Celemek Cerita Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal Cabang Locoret Nganjuk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Teratai. Universitas Negeri Suarabaya. Vol. 6, No.3.
Muslimin, Ariyanti Zidni Immawan. 2015. Efektifitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 di Sdn Bulutirto Temanggung. Jurnal Psikologi. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga.
Nizamuddin, dkk. 2001. Metodelogi Penelitian, Bengkalis-Riau: Publisher.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Indonesia No.137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian pendidikan pendekatan, kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto,Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Tri Wijaya, Rustiyarso. 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Noktah.
Yurisssetiowati. 2021. Perkembangan Anak Usia Dini. Jawa tengah: Lakeisha.
Published
2023-02-03