Perancangan Komik Strip Sebagai Media Informasi Remaja Santri Dalam Pentingnya Mematuhi Tata Tertib Menggunakan Comic Life 3

  • Mursyidin 3Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Nurrisma Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Ayu Wahyuni Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Media Informasi, komik strip, Tata Tertib, Pentingnya Mematuhi Tata Tertib, Comic Life 3

Abstract

Media informasi yaitu sarana dalam mengumpulkan dan menata kembali sebuah informasi sehingga menjadi bahan yang berguna bagi remaja santri dan dapat mengetahui informasi yang ada serta saling berinteraksi satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk perancangan media informasi komik strip tentang pentingnya mematuhi tata tertib pada Dayah Darul Ihsan tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan  research and development yang dilakukan pada tanggal 23 s/d 29 November 2022 dengan langkah penelitian dimulai dari observasi, perencanaan, desain produk, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba, pembagian angket, analisis dan hasil akhir produk. Media informasi ini telah di validasi oleh 2 ahli media dengan nilai 75% dan 91% dengan kategori bagus sekali dan guru aqidah akhlak sebagai ahli materi dengan nilai 87% dengan kategori sangat bagus sekali digunakan sebagai media informasi. Kemudian uji coba yang sudah dilakukan oleh 30 santri pada kelas VII E MTsS Darul Ihsan Aceh Besar mendapatkan respon positif dari santri yaitu 82,04% dengan kategori sangat bagus sekali. Dengan ini membuktikan bahwa media informasi poster komik dalam pentingnya mematuhi tata tertib dapat diterapkan pada santri Darul Ihsan Aceh Besar.

References

Azmi, N. (2015). Potensi emosi remaja dan pengembangannya. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 36-46.
Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran digital. PT Remaja Rosdakarya.
Demas, J. (2013). Perancangan Komik Shonen “Xtra Pedas!” untuk Memperkenalkan Kuliner Pedas Khas Indonesia (Doctoral dissertation, Program Studi Desain Komunikasi Visual FTI-UKSW).
Kelvin, S. R. (2017). Perancangan Komik Shoujo “Pertempuran Lima Hari” untuk Membangkitkan Kembali Semangat Nasionalisme Pelajar Sekolah Menengah Atas di Indonesia (Doctoral dissertation, Program Studi Desain Komunikasi Visual FTI-UKSW).
Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Sari, E. P. (2018). Pengembangan Media Berbentuk Infografis sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika SMA Kelas X (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sawyer, S. M., Azzopardi, P. S., Wickremarathne, D., & Patton, G. C. (2018). The age of adolescence. The Lancet Child & Adolescent Health, 2(3), 223-228.
Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113-121.
Published
2023-02-05