Peran Media Animasi Gambar dan Metode Debat Aktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi

  • Silvia Sandi Wisdua Lubis 1Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Ar-Raniry
  • Nuril Yani 1Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Ar-Raniry
Keywords: Media animasi gambar, metode debat aktif, kemampuan berargumentasi

Abstract

Dari hasil observasi penelitian, penulis melihat masalah kemampuan berargumentasi siswa masih kurang efektif, kurangnya kemampuan berargumentasi disebabkan ketika pembelajaran terlalu didominasi oleh guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya, siswa hanya diam dan tidak berani memberikan argumentasinya terhadap materi yang diberikan. Siswa hanya mendengarkan saja apa yang disampaikan oleh guru tanpa mengetahui makna dari materi yang disampaikan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan menerapkan metode debat aktif menggunakan media animasi gambar. Penelitian ini mengggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana penelitian kualitatif sebagai metode ilmiah sering digunakan dan dilaksanakan oleh sekelompok peneliti dalam bidang ilmu sosial, termasuk juga ilmu pendidikan. Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan berargumentasi siswa sebesar 65% dalam kategori cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan metode debat aktif menggunakan media animasi gambar cukup dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa.

References

Arifin, Z. 2007. Urgensi Penerapan Metode Pembelajaran Debat Aktif Dalam Meningkatkan Keberanian Berbicara Siswa Pada bidang Studi Fiqih di Madrasah Aliyah Darussalam Kelas 2 Surabaya.
Keraf, G. 2008. Argumentasi dan Narasi. Gramedia.
Kuswardani, R. A. 2010. Pemanfaatan Media Animasi Gambar Konsep Digesti Dengan Pembelajaran Tipe STAD Pada Siswa Kelas XIIPA SMA 2 Magelang. 5.
M, I. S. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Rasail: Media Group.
Makmur, N. 2016. Penerapan Metode Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Siswa dalam Konsep Dasar PKN. Publikasi Pendidikan, 1(VI), 2.
N.K, Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta.
Nasional, D. P. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
No Title. 2017. Vidya Karya, 7(27), 758.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia group.
Santoso, Ardi. 2004. Menang Dalam Debat. Elfhar.
Sawiwati. 2009. Peningkatan Hasil Belajar. Palembang: Perpustakaan UT.
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi pembelajaran aktif. Pustaka Insan Madani.
Published
2023-02-09