Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek

  • Sabila Walidaini UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Jamaliah Hasballah
  • Faizatul Faridy Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Kecerdasan Naturalis, Metode Proyek

Abstract

Kecerdasan Naturalis adalah Kecerdasan yang dimiliki individu yang berhubungan dengan tumbuhan, hewan dan lingkungan alam sekitarnya. Individu yang memiliki Kecerdasan Naturalis mampu untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan mengelompokkan terhadap apa yang ditemui di alam maupun lingkungannya.  Semua Anak memiliki Kecerdasan Naturalis begitu juga di RA Babussalam akan tetapi diperlukan Metode yang menarik untuk menstimulasi Kecerdasan Naturalis Anak agar lebih berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek. Peneliti menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas A1 (kontrol) yang terdiri dari 14 anak dan kelas B1 (eksperimen) yang terdiri dari 10 anak. Pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa lembar observasi penilaian dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kecerdasan Naturalis anak sebelum menggunakan Pendekatan Proyek ada yang masi belum berkembang. Sedangkan setelah menggunakan Pendekatan Proyek Kecerdasan Naturalis anak berkembang lebih daripada sebelum menggunakan Pendekatan Proyek

References

Andriani, Durri., dkk. 2016. Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Antara, A. P. A., Wiyasa, K. N. 2016. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek Taman Kanak-Kanak. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 No. 1.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) (Cet. XIII). Jakarta: Rineka Cipta
Armstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple intelligencenya. (alih bahasa Buntaran,R.). Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multipel di dalam Kelas. Jakarta: Indeks.
Asih, Sri., Ahmad, Susanti. 2006. Peningkatan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 tahun melalui model pembelajaran di sentra bahan alam. Jakarta:Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Dewi Maria U.R. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berwawasan Lingkungan Sebagai Sarana Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Pertiwi Kecamatan Gunungpati Semarang. ,Early Childhood Education Papers (Belia), Vol. 3 No.1.
Dimyati, Johni. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya. Jakarta:Kencana.
Dimyati, Johny. 2016. Pembelajaran Terpadu Untuk Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal dan Sekolah Dasar. Jakarta:Prenadamedia Group.
Dr, H. Fajri Ismail, M.Pd.I. 2018. Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial,. Jakarta:Prenada Media.
Fadhli, M. 2016. Pemikiran Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, Vol.1. No.1.
Fakhruddin, A. U. 2018. Sukses Menjadi Guru PAUD. Bandung:Rosdakarya. .
Fathoni, Abdurrahman . 2011. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta:Rineka Cipta.
Gardner, H. 2013. Multiple Intelligences: memaksimalkan potensi dan kecerdasan individu dari masa kanak kanak hingga dewasa. Jakarta: Daras Books. alih bahasa, Yelvi Andri Zaimur.
Gunawan, Adi W. Born to be a Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hafizotun, L. 2017. Pemberdayaan Sentra Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nurul Ilmi Kota Jambi. Al-Ashlah, Vol. 1 No. 2.
Hosnan, M. 2015. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. hlm. 325-326.
Jasmine, Julia . 2012. Metode mengajar Multiple Intelligence, (Bandung:Nuansa Cendikia.
Mahgiyanto, Indratusvia. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Konstektual (Contextual Teaching and Learning) Kelas III di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta, indra.tusvia@gmail.com.
Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: PT. Renika Cipta.
Muhammad Fathurrohman, M. 2015. Paradigma Kembelajaran kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yoyakarta: Kalimedia.
Muhammad Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta:Dian Rakyat.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Patton. 2012. Work That Matters: TheTeacher’s Guide to Project Based Learning. California: Paul Hamlyn Foundation.
Putrawan, G. D., Rukayah, Hadiyah. Keefektifan strategi multiple intelligences pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret.
Rahman, Hibana S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Ridwan, S. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Ridwan. 2014. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Jakarta:Rajawali Pers.
Saripudin, Aip. 2017. Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak , Vol. 3 No. 1.
Sastrika, d. a.k., Sadia, I. W., Muderawati, I. W. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyekterhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berfikir Kritis”, e-Journahl Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/viewFile/799/584
Siregar, Alfitriani. 2018. Metode pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Medan:Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Smith, Shaunna. 2016. (Re)Counting Meaningful Learning Experiences: Using StudentCreated Reflective Videos To Make Invisible Learning Visible During Pjbl Experience,Interdisciplinary. Journal Of Problem-Based Learning, Vol.10 No.1.
Subagyo, P. J. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistik edisi VI. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y.N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT.Indeks.
Sunanih. Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian dari Perkembangan Bahasa. Jurnal Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Syamsuddin., dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widyantini, T. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Artikel. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Wijanarko, Jarot. 2012. Multiple Intelligences Anak Cerdas. Banten: PT. Happy Holy Kids.
Wiyani, N. A., & Barnawi. 2016. FORMAT PAUD: Konsep, Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Yasbiati, Giyartini,G Lutfiana, A. 2017. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui kegiatan bercocok tanam Di Bimbim Al-abror Kecamatan Mangku Bumi Kota Tasik Malaya. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1 No.2.
Yunisari, D., Amri, A., Fakhriah. 2016. Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak di Sentra Bahan Alam Pada PAUD Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1 No.1.
Published
2024-03-06